Just another WordPress.com site

a.  Sarana dan prasarana transportasi

Sarana dan prasarana transportasi yang ada di Kelurahan Long Ikis hanya bisa dilalui lewat darat meskipun terdapat sungai. Sarana dan prasarana yang dimaksud berupa jalan provinsi, jalan kampung dan jalan gang, jembatan beton, jembatan besi dan jembatan kayu.

b.    Prasarana komunikasi

Prasarana komunikasi di Kelurahan Long Ikis terdapat wartel dan telah ada internet, dan juga terdapat jaringan telepon kabel dan nirkabel telah ada di Kelurahan tersebut. Sehingga sistem komunikasi dan teknologi yang digunakan masyarakat sudah mampu dalam memberikan kontribusi dan kualitas yang dapat menunjang komposisi jumlah penduduk dalam memenuhi kebutuhan komunikasi dan teknologi yang ada di kelurahan tersebut.

c.    Prasarana air bersih

Jumlah prasarana air bersih di Kelurahan Long Ikis untuk hidran umum 1 (satu) unit, 280 unit PAM tetapi tdak berfungsi dengan baik dan juga terdapat 108 sumur gali serta aliran sungai yang juga dipakai penduduk untuk kebutuhan air mereka.

Pengguna air sumur gali sebanyak 108 KK, PDAM 280 KK.

Dari uraian diatas, dapat diasumsikan bahwa jumlah sarana dan prasarana air bersih yang merupakan kebutuhan pokok penduduk Kelurahan Long Ikis masih tergolong minim. Hal ini dapat dilihat melalui jumlah kepala keluarga yang lebih besar dari jumlah sarana dan prasarana yang mereka gunakan.

  1. d.    Prasarana olahraga

Prasarana olahraga yang ada di Kelurahan Long Ikis terdiri dari 2 buah lapangan sepakbola, 3 buah lapangan bulutangkis, 3 buah lapangan bola volley, 1 buah lapangan tenis dan 1 buah lapangan basket.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa prasarana olahraga yang ada di kelurahan long ikis tersebut masih tergolong sedikit. Hal ini dapat diketahui melalui jumlah prasarana yang telah ada, sehingga dapat menurunkan kreatifitas dan kegemaran penduduk di kelurahan long ikis untuk mengaktualisasikan dirinya dalam bidang olahraga.

 e.    Prasarana kesehatan

Prasarana kesehatan yang ada di Kelurahan Long Ikis terdapat 1 unit Poliklinik, 1 Posyandu, 1 Toko obat, 1 dokter PNS, 2 bidan dan 7 orang dukun beranak.

Dari keterangan diatas, menunjukan bahwa prasarana kesehatan yang dimiliki oleh kelurahan long ikis masih kurang memadai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh tenaga medis yang dimiliki oleh kelurahan tersebut masih tergolong sedikit.

f.  Prasarana Pendidikan

Prasarana pendidikan yang terdapat di kelurahan long ikis terdiri dari TK sampai SMA/Sederajat baik negeri maupun swasta telah ada di kecamatan tersebut. Untuk TK berjumlah 3 (tiga) unit, TPA sebanyak 4 (empat) unit, SD/Sederajat 1 (satu) unit, SMP/Sederajat 2 (dua) unit dan SMA/Sederajat 1 (satu) unit.

Tinggalkan komentar